Idaman IPK Tinggi Target Mahasiswa

Hallo, Saya termasuk salah satu mahasiswa Universitas Terbuka di jurusan Akuntansi. Sudah semester 3 nihh. Tapi dari awal semester pertama nilai IPK saya masih dibawah standar sihh…hhmhmh perlu banyak belajar dan latihan ini. Mendapatkan IPK dibawah 3.00 rasanya felling down banget dechh. Tapi apalah buat itu juga hasil jerih payah saya belajar dan kemampuan saya. Tetep optimis semoga semester depan ada peningkatan. Amienn.

img_20160104_213958
BMP Semester, 2015

Sebenarnya IPK itu apa sihh, kadang masih banyak yang bingung antara IPK dan IP. Kalau IPK itu alias Indeks Prestasi Kumulatif yaitu keseluruhan atau kumulatif dari seluruh nilai yang masuk. Sedangkan IP itu alias Indeks Prestasi atau perhitungan nilai disetiap mata kuliah. Sekarang sudah tahu kan bedanya antara IPK dan IP.

IPK yang tinggi merupakan idamah bagi setiap mahasiswa pastinya. Di semester awal tahun lalu setiap mahasiswa berlomba-lomba untuk mendapatkan IPK tinggi. Apalagi ada progam beasiswa bagi yang mendapatkan IPK tertinggi di jurusanya. Dari beberapa jurusan tersebut diambil 10 besar dengan IPK terbaik. Wahh betapa semangatnya saya waktu itu ” Kalau nilai IPK saya masuk 10 besar pasti saya mendapatkan beasiswa tersebut”.

Tibalah waktu pengumuman di acara pembagian beasiswa. Nama-nama yang dipanggil untuk naik kepanggung adalah mahasiswa yang mendapatkan nilai terbaik. Betapa senangnya  mendapatkan nilai terbaik sekaligus mendapatkan beasiswa.

Dalam hatiku berkata “Betapa senangnya kedua orang tua saya, jika nama saya dipanggil diantara mahasiswa terbaik, pasti kedua orang tua bangga sekali melihatnya anaknya terpilih”. Karena mungkin nilai saya masih dibawah standar, hheeh. Gak cukup dari sini semangat untuk belajar, karena saya selalu percaya “Hasil tidak akan membohongi usaha”.

Seperti halnya semester 2 juga ada program beasiswa lagi, kali ini nilai IP saya Alhamdulillah meningkat walaupun tidak banyak. Saya selalu bersyukur dan jadikan sebuah  motivasi diri karena semuanya  butuh proses untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan untuk yang kedua kalinya saya pun masih belum masuk 10 besar dengan nilai terbaik. hehehhe

Tidak putus semangat pun, doa serta usaha untuk mencapai target tahun ini:

  1. Untuk semester kedepan dan seterusnya harus mendapatkan nilai IPK diatas 3.00.
  2. Bisa cuti pulang ke Indonesia dan kumpul bersama keluarga.
  3. Bisa touring ke beberapa temapat wisata yang ada di Indonesia.

Selalu percaya semua pasti ada jalan disetiap doa dan usaha, Amien,,,

Kesimpulanya, Ipk bukan segalanya…. tetapi permulaan adalah segalannya. Yang lebih pasti lagi…. doa dan usaha adalah segalanya. Nilai tinggi bukanlah segalanya tapi juga harus diimbangi skill dan kemampuan diri dalam bidang tersebut.

—— Never Give Up, Process is More Interesting and Wonderful and Believe You Can Make It —–

Take A Note

By Alif

 

 

 

 

Leave a Reply

