Belajar Itu Tidak Ada Batasnya, dimanapun dan kapanpun bisa.

Rasa bersyukur itu selalu ada dalam diri ini, sehingga saya bisa sampai dititik yang sekarang dan berada ditempat yang tidak semua orang bisa berada disana.

“Dibilang sabar itu membawa berkah dan yakin suatu saat kedepannya akan jauh lebih baik”.

“Sedikit cerita keinginan saya dulu, saya diwaktu itu setelah lulus SMEA/SMK saya berencana melanjutkan pendidikan disalah satu Universitas Wearnes Education Centre yang tepatnya bertempat di Bali, rencana mau ambil program belajar selama 2 tahun saja”.

“Saya minta ijin sama kedua orang tua saya, kalau saya ingin kuliah di universitas tersebut, nahh… karena dari segi ekonomi keluarga saya pas” an hanya cukup untuk kebutuhan makan setiap hari saja, keluarga saya tidak sanggup membiayai pendidikanku nanti”. Disitu terasa hati saya sedih, melihat teman yang lain bisa melanjutkan pendidikan dan kuliah.. hahhhh (mungkin belum waktunya, dalam fikiranku).

“Sehingga saya pun memutuskan tidak mengambil program studi tersebut… dan dalam waktu bersamaan ada salah satu teman saya mengajak saya bekerja keluar negeri, saya sempat berfikir sejenak”,,,,

Al hasil keputusan terakhir saya yaitu pergi kerja ke Luar Negeri yaitu negara Singapore sebagai Buruh Migran Indonesia, dalam fikiran saya “mungkin setelah saya bekerja di negara tersebut selama 2 tahun, saya bisa pulang ke Indonesia dan bisa melanjutkan pendidikan saya”.

Sebenarnya saya apply dokumen kerja ke negara Taiwan, lahh berhubung ada salah satu persyaratan tidak lengkap karena tinggi badan saya hanya 153cm waktu itu, karena minim persyaratan tinggi badan harus 155cm ke atas. hihihih efek orang pendek ya begini nihh…. Jadinya Singapore lah yang menjadi negara tujuan…

Selang beberapa beberapa minggu saya mulai mengurus semua dokumen kepergianku dari paspor, ktp, ijazah, medical, serta dokumen lainnya yang diperlukan. Jarak 1.5 bulan saya sudah mendapatkan job dan berangkatlah saya ke negara Singapore. Saya bekerja di salah satu rumah tangga yang dar keluarga sederhana, bos saya Alhamdulillah baik dan menjaga 2 anak, satu umur 2 tahun dan satu 4 tahun.

“Dari sinilah saya mempunyai pengalaman yang sebelumnya saya tidak fikirkan, dari saya bekerja dinegera ini, saya bisa melatih diri dalam berbicara bahasa inggris karena komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa inggris baik dari percakapan ataupun menulis. Padahal sebelumnya dulu waktu SMP aja paling benci yang namanya pelajaran Bahasa Inggris, saya pun bersyukur dari pengalaman ini bisa beljara banyak y hal”.

“Anyway always feelings great for everythings”………. yakin tuhan menpunyai jalan terbaik untuk saya.

“Tidak terasa waktu sudah berjalan selama 4 tahun saya bekerja di Singapore, saya pun pulang ke Indonesia, kembali ke rencana semula bahwa setelah pulang dari Singapore saya bisa melanjutkan pendidikan di Indonesia, tapi mungkin tuhan berkehendak lain. Karena waktu pulang begitu banyak sekali masalah dikeluarga yang pasti dari segi ekonomi, saya pun berfikir lagi untuk melanjutkan pendidikan saya atau tidak”. Dan keputusan terkhir bekerja ke luar negeri, tapi negeri HongKong dimana saya bekerja saat ini..

Saya selalu berfikri mungkin tuhan mempunyai jalan lain yang terbaik untuk saya, sehingga pun saya sampai di negeri HongKong. Dinegeri inilah saya meraih pendidikan, dari saya mencari informasi-informasi dari teman-teman yang ada di HongKong untuk mendapatkan info tentang kampus khusus BMI. “Saint Mary’s University of HongKong” ini adalah salah satu kampus yang saya temui dan menempuh pendidikan di HongKong, kampus ini adalah salah satu kampus cabang dan kampus induknya berada di Philipine.

Menyelesaikan studi selama 3 tahun dikampus ini sangat tidak mudah, disamping saya masih berstatus sebagai BMI, yang setiap hari senin sampai sabtu saya harus bekerja dimajikan dan  minggu nya saya gunakan untuk kuliah. Waktu bekerja dimajikan saya harus pandai-pandai atur waktu saya untuk belajar, kadang kalau jam 9 malam sudah selesai kerja saya gunakan waktu rehat malam ku untuk belajar. Sampai-sampai tertidur diatas buku yang berserakan diaatas meja belajar,,,

img-20160420-wa0006
Graduation pic, 2016

Dalam waktu 3 tahun Alhamdulillah saya sudah menyelesaikan studi dan sudah bisa wisuda,,, Dari saya studi di universitas tersebut, sehingga saya sampai sekarang bisa diterima magang di salah satu konsulat Indonesia yang berada di HongKong (General Jendral Republic of Indonesia). Setiap hari libur saya gunakan untuk magang di konsulat, ini sebuah pengalaman yang baik buat saya untuk mengembangkan skill saya,, selalu bersyukur semua pasti ada waktunya tersendiri..

”   Always greatful and be humble and believe everything need to be process than you”ll see the result……”

Thank You So Much

By Alif

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s